Akuatik
Trending

Hewan Akuatik : Pengertian, Jenis, Ciri, Serta Contohnya

Animalscamp.com – Hewan Akuatik adalah Hewan yang menghabiskan mayoritas hidupnya di perairan, baik di komunitas laut (laut), danau (danau), atau fluvial (sungai),

Hewan ini bisa berbentuk vertebrata atau invertebrata, dan pada gilirannya, kita menemukan beberapa kelompok kerajaan Makhluk Hidup Perairan.

Contoh Hewan akuatik vertebrata

Yang terhitung dalam kelompok ini ialah ikan, reptile dan beberapa macam mamalia dan burung.

Ikan.

Hewan Akuatik : Ikan
Ikan Termasuk Hewan Akuatik

Menurut morfologinya, Ikan ini terbagi menjadi tiga Kelompok:

Bertulang Sejati : Jenis Ikan ini mempunyai rangka kalsifikasi dan insang, mereka menjadikan operkulum sebagai perisai untuk menjaga keseimbangan dan bergerak dalam air. Contoh dari ikan ini adalah Ikan tuna, kerapu dan cod. Jenis ikan ini ialah beberapa macam ikan yang terhitung dalam barisan ini.

Kondrik : kerangkanya terbagi dalam tulang riskan dan insangnya kelihatan di luar. Yang termasuk kedalam kelompk ini antara lain Chimera dan hiu.

Agnata: mereka ialah ikan yang tidak mempunyai rahang, seperti lamprey.

Reptil.

Penyu Termasuk Hewan Akuatik Jenis Reptil

Hewan akuatikĀ  dari barisan ini diidentikkan oleh ada sisik, respirasi paru dan mekanisme peredaran darah yang memungkinkannya mereka baik di air atau di darat. Iguana, penyu dan buaya ialah beberapa satwa yang mewakili kelompok ini.

Burung-burung.

Dalam barisan burung ada banyak burung air seperti pelikan, bangau, elang laut dan penguin. Mereka memiliki bulu yang sangat tebal, dengan demikian bulu tersebut menjadi pelindung dan pengatur suhu di sekitarnya, Adapun Burung Air tersebut makan fauna air yang lain, seperti ikan dan krustasea.

Hewan akuatik: Penguin Penguin (Spheniscidae) mempunyai keunikan sebagai perenang yang terampil.

Mamalia.

Cetacea

Ada banyak tipe Hewan Akuatik dalam barisan mamalia.

Cetacea: Walaupun mereka termasuk hewan mamalia, namun morfologi mereka benar-benar serupa dengan ikan dan mempunyai sirip. Sebagian orang menyebutnya dengan paus sperma dan ada juga yang menyebutnya hanya dengan nama paus.

Pinniped: susunan badannya memanjang dan berpuncak pada sepasang sirip, seperti anjing laut, singa laut, atau walrus.

Alarm: mereka ialah mamalia akuatik herbivora dan, bersama dengan cetacea, secara eksklusif beradaptasi untuk kehidupan akuatik. Manatee terhitung dalam barisan ini.

Contoh Hewan Akuatik invertebrata

Hewan avertebrata memang identik dengan tidak adanya rangka dan kolom vertebral yang menguatkan. Kita menemukan banyak sekali kelompok dalam barisan fauna air ini.

Cnidaria

Cnidaria

Morfologinya dapat berwujud kantung atau bebas. Ada lebih dari sepuluh ribu spesies dalam barisan ini dan semua ialah makhluk air. Ubur-ubur dan anemon ialah beberapa binatang yang paling sebagai wakil dalam kelompok ini.

Echinodermata.

Echinodermata

Echinodermata adalah binatang yang hanya bisa hidup didalam air, dan mereka hanya terdapat di dasar laut. Kita bisa mengenali hewan ini dari bentuk yang menyerupai Bintang dan mempunyai kekuatan untuk meregenerasi jaringannya. Bintang laut ialah echinodermata paling representatif dalam kelompok ini.

Berliang renik.

Mereka ialah satwa invertebrata laut yang bisa hidup di laut atau di air tawar. Hewan ini berkembang biak dalam koloni yang berperan sebagai susunan tempat mereka memfilter air dan mendapat makanan. Makhluk air ini tidak memiliki mulut dan pencernaan intraseluler.

Cacing laut.

Morfologi mereka memanjang dan tidak mempunyai anggota badan. Nyaris 90% dasar laut terbagi dalam tipe invertebrata laut ini.

Hewan akuatik, cacing laut Cacing gepeng (Platyhelminthes), semacam cacing laut.

Rotifera

Mereka ialah organisme invertebrata mikroskopis yang mayoritas hidup di perairan tawar dan, di tingkat yang lebih rendah, di perairan asin. Mereka tetap bisa hidup dengan cara melekat diri pada jamur atau lumut. Ada lebih dari dua ribu spesies yang tergolong dalam jenis ini.

Krustasea.

Arthropoda (invertebrata dengan rangka luar), seperti lobster, udang, dan kepiting, terhitung dalam barisan ini. Eksoskeleton terbagi dalam karbohidrat yang disebut kitin, setiap ukuran mereka bertambah besar, maka merea akan menggantinya dengan wadah yang lebih besar.

Kepiting adalah krustasea yang paling populer.

Moluska.

Berbicara tentang Moluska, mereka adalah filum paling besar di kerajaan fauna, karena mempunyai sekitar 100.000 spesies. Mereka identik dengan bertubuh yang paling halus yang dalam beberapa kasus tertutupi oleh cangkang, seperti siput. Invertebrata air yang lain dalam barisan ini ialah kerang, tiram, gurita, dan cumi-cumi.

Beberapa ciri Hewan Akuatik

Untuk hidup di air, Fauna air sudah meningkatkan rangkaian karakter fisik dan biologis yang memungkinkan memanfaatkan sumber daya komunitas yang mereka miliki.

Pernapasan.

Hewan air bisa bernapas dengan 2 langkah: ambil oksigen dari air atau mungkin dengan naik ke permukaan. Untuk lakukan ini, mereka sudah meningkatkan tiga tipe pernafasan: insang, kulit dan paru-paru.

Respirasi insang terjadi dalam insang, susunan yang dibuat oleh jaringan lunak tempat oksigen yang ada di air diserap. Ini ialah tipe pernafasan ikan.

Respirasi kulit dilaksanakan lewat kulit, yang disebut organ yang bekerja lakukan transisi gas dengan lingkungan akuatik. Bintang laut, misalkan, mempunyai proses pernafasan ini.

Respirasi paru, sama dengan namanya, berjalan di paru-paru. Ini ialah tipe pernafasan hewan air yang penting, mereka keluar dari air untuk mengambil oksigen dari udara, seperti paus.

Makanan.

Hewan air mempunyai sejumlah sumber makanan, tapi fitoplankton penting untuk hewan di komunitas laut. Ini terbagi dalam mikroorganisme autotrofik (mereka mensintesis bahan anorganik) dan diketemukan di dasar rantai makanan mayoritas hewan air yang, pada gilirannya, bisa menjadi makanan untuk hewan yang lebih besar.

Dalam urusan makanan, Fitoplankton menyerap beberapa karbondioksida di atmosfer, dengan begitu penuhi dua peranan penting: hasilkan oksigen lewat proses fotosintesis, itu menjadi sumber energi dalam rantai makanan akuatik.

Suhu.

Menurut type komunitasnya (laut, danau atau sungai), hewan air sudah meningkatkan proses berlainan untuk jaga temperatur badannya.

Antibeku: hewan air yang paling dingin (seperti ikan kutub) mensintesis protein yang berperan sebagai antibeku. Maka dari itu mereka tetap bisa hangat walaupun udara sekitarnya sangat dingin.

Sisik: sisik ialah susunan luar yang penuhi peranan perlindungan dan isolasi, yang memungkinkannya hewan yang memiliki untuk menantang temperatur rendah, seperti reptil dan ikan.
Bulu-bulu atau rambut pemisah: Kepadatan dan distribusi bulu-bulu menolong burung mengeset suhu badannya. Di lain sisi, susunan bulu-bulu yang tebal menolong hewan laut seperti berang-berang menangani udara dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button